Berkat online shop, hasrat fashion kita tetap bisa tersalurkan tanpa menghabiskan semua uang jajan atau bahkan mencari tambahan. Saatnya nih, untuk terjun langsung ke dalam tren fashion tahun ini. Dan ini dia panduan belanja fashion ala runway di online shop tahun ini, girls!

Bahan velvet atau beludru yang sangat elegan terlihat banyak menghiasi runway menyambut 2017. Mulai dari dress, celana hingga aksesori, para designer berbondong-bondong menggunakan bahan velvet. Lihat saja pada koleksi Phillip Lim yang membuat kita bernostalgia ke tahun 1980-an dengan celana panjang velvet yang terasa sangat mewah dan funky. Enggak hanya itu, desain mini dress Fendi yang sederhana namun cantik juga menggoda. Coba juga tampil seperti cewek ‘jaman dulu’ dengan menggunakan mini dress berwarna hijau dengan hiasan pita pada bagian depan seperti yang terlihat pada koleksi Rochas. Love!

Tren oversized clothing atau baju kebesaran memang telah berjalan dalam beberapa musim terakhir. Tapi sepertinya tren ini akan tetap terus digemari bahkan sampai 2017. Oversized clothing identik dengan potongan yang panjang, lebar, dan material yang berat serta tebal. Seperti loose pants, shirt dress, sweater hingga jaket kebesaran adalah beberapa item yang digandrungi oleh para pecinta fashion. Oversized clothing mempunyai magnet sendiri dalam dunia fashion. Stella McCartney, Vetements, Acne Studio, Marc Jacobs, Balenciaga dan Celine adalah segelintir perancang yang ikut 'kecanduan' dan mengeluarkan beragam koleksi oversized clothing yang sangat menarik dan patut untuk kita lirik.

Oversized clothing dan detail flare pada pakaian masih jadi juara di tahun 2017. Ini tampak pada koleksi Sies Marjan dan Rag & Bone di NYFW Spring 2017 yang ikut mengeluarkan oversized sweater yang keren banget,” Iymel, hijab fashion blogger Indonesia.

Tinggalkan sejenak baju off-the-shoulder kita dan mulailah beralih ke one-shoulder top or dresses! Karena Isabel Marant, Saint Laurent, Lanvin dan Moschino membawa kembali tren baju satu tangan ini yang sempat hits di tahun 80-an. Baju dengan single shoulder ini dapat memberikan kesan elegan sekaligus feminin pada si pemakai. Karena potongan satu tangan ini dibuat untuk menonjolkan kecantikan bahu. Tapi tren ini kembali dengan beragam kombinasi yang lebih menarik dan beda dari biasanya. Seperti penggunakan ruffles atau pita di bagian pundak yang sangat cantik. Baju ini paling oke kalau dipakai ke pesta atau kencan bersama gebetan, karena pesona elegan yang bisa menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Kalau kita tipe yang enggak pede memakai baju one-shoulder, coba pakai kaus atau baju lengan panjang sebagai dalaman. Kalau warnanya sesuai tetap keren, kok!

Item fashion yang mengedepankan kenyamanan tetap jadi tren di 2017, salah satunya adalah hoodie.Terbukti mulai dari Vetements sampai Alexander Wang sukses membuat hoodie si pakaian simpel kesukaan para pecinta fashion ini. Tahun 1970-an, hoodie ini juga sangat terkenal di kalangan pecinta hip hop.

Detail tali yang mengikat pada pakaian terlihat mendominasi di panggung mode. Kalau kita terbiasa melihat aksen ikatan tali ini hanya pada korset, sekarang jenisnya makin beragam dan kreatif. Terlihat pada koleksi Proenza Schouler yang bermain dengan aksen tali di bagian atas dada dan juga pinggang pada long dress berwarna kuning. Sementara koleksi Fenty Puma lebih bernuansa gothic yang tangguh memikat. Anthony Vaccarello bermain dengan sedikit elegan dengan menempatkan aksen ikatan tali pada bagian samping mulai dari atas sampai bawah. Aksen tali di pakaian ini memberikan tampilan dekoratif dan makin menarik kalau posisinya enggak biasa. Aksen tali ini juga bisa memberikan kesan edgy pada penampilan. Keren!

Pada 2015, embroidery dan lace mendominasi runway. Di 2017 juga nampaknya lace dan embroidery masih menjadi favorit. Embroidery atau sulaman adalah teknik membuat motif hias pada permukaan kain menggunakan benang. Sedangkan lace atau renda adalah jenis kain yang menerawang, bermotif dengan bagian-bagian lubang terbuka. Cantiknya embroidery bisa ditemukan pada gaun transparan dari koleksi Alberta Ferretti dan Alexander McQueen yang membuat setiap mata tertegun kagum. Enggak ketinggalan Ermanno Scervino hadir menginspirasi dengan midi dress ala era Victorian yang terbuat dari lace.

Tren fashion yang bakal hits di 2017 adalah detail lace. Ini juga tampak pada koleksi Jonathan Simkhai di runway beberapa waktu lalu. Dan sudah banyak juga brand yang mengeluarkan dress, rok, dan fashion item lainnya dengan aksen renda, seperti Zara hingga Stradivarius,” Ines Ariani, fashion blogger Indonesia.

Para rumah mode dunia berlomba-lomba memamerkan koleksi metalik mereka dalam bentuk rok, dress, atasan, celana, dan lainnya. Seperti Alexander McQueen yang memesona pecinta fashion dengan gaun transparan metalik yang bersinar indah. Enggak ketinggalan Saint Laurent hadir dengan midi dress berwarna gold metalik dengan aksen ikat pinggang besar yang terkesan vintage.Tommy Hilfiger ikut menyuguhkan dress yang sangat menawan dengan potongan kerah V yang bisa membuat kita seketika menjadi pusat perhatian. Pemakaian warna atau detail metalik pada pakaian bakal membuat kita terlihat elegan, klasik, dan unik. Jangan ragu menambahkan minimal satu item metalik di lemari kita tahun ini!

Biker jacket masih jadi tren dan item favorit untuk segala kesempatan. Para designers juga semakin kreatif berinovasi dalam desain biker jacket andalan mereka. Seperti koleksi dari Valentino yang menambahkan aksen stud pada jaket. Berpadu sempurna dengan dress transparan warna hitam yang terasa edgy sekaligus feminin. Berbeda dengan Marc Jacobs yang memilih bermain dengan aksen bulu pada biker jacket-nya. Biker jacket juga terlihat pada koleksi Etro, Gucci, Alexander McQueen dan lainnya.

Tren baju transparan atau menerawang kembali lagi menghiasi panggung mode dunia. Baju transparan biasanya identik dengan bahan net, tulle dan chiffon.Tren ini bisa dilihat dari long dress biru transparan dari koleksi Blumarine yang dihiasi bulu tebal nan indah pada bagian bawah. Sementara itu Philosophy membuat kita berdecak kagum dengan gaun transparan ala Victorian-nya. Tapi sepertinya desain yang paling indah datang dari koleksi Alberta Ferretti yang sukses membuat gaun transparannya begitu menawan dengan aksen embroidery yang timeless.

Tampil preppy atau seperti anak sekolah dengan menggunakan pinafore tren lagi nih, girls! Mulai dari Suno yang mengeluarkan koleksi pinafore dengan motif tartan yang menggoda sampai Each X Other yang menjadikan pinafore minimalis berwarna apricot sebagai andalannya. Para rumah mode terkenal membawa pinafore sebagai fashion item yang wajib dicoba kembali dengan banyaknya motif dan desain yang dirancang secara menarik. Super Cute!

Life's too short to wear boring clothes!

Jadi, tahun ini, tampilan mana yang bakal jadi andalan kamu, girls?

(foto: dok. all-aboutfashion.com, pinterest.com, fashionaims.blogspot.com, thefashionspot.com, hautehoskins.com, vogue.com, sportbody.biz, thenewartfashion.com, posugar.com, madame.lefigaro.fr, theimpression.com, ladyzone.bg, hautedvie.com, justluxe.com)